6 Hal yang Harus Dilakukan Penderita TBC Supaya Tidak Menular Ke Orang Lain

6 Hal yang Harus Dilakukan Penderita TBC Supaya Tidak Menular Ke Orang Lain
Duniainformasikesehatan.com - Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan kuman TB (mycobacterium tuberculosis). Pada umumnya TBC menyerang paru-paru, akan tetapi bisa juga menyerang anggota tubuh yang lain seperti usus, otak, tulang dan lain sebagainya.

Meskipun dikenal sebagai penyakit menular,namun bukan berarti penderita TBC harus dijauhi. Berikut ini adalah carab supaya TBC tidak mudah menular ke orang lain.

1. Tutupi ketika bersin dan batuk

Penderita TBC harus menutupi mulut dan hidungnya ketika ia bersin atau batuk.Entah menggunakan tisu, sapu tangan atau yang lain. Jika tidak ada, benamkan saja muka ke arah lengah sendiri. Hal ini bertujuan supaya virus TBC tidak menyebar ke orang lain.

Ingat, jangan menutupinya menggunakan tangan!. Khusus penderita TBC paru-paru, dia harus memakai masker ketika berada di tempat umum.Karena jika tidak, kumannya akan menyebar kepada orang sekitar.

2. Tidak Meludah Sembarangan

Selain tidak diperbolehkan bersin dan batuk sembarangan di tempat umum. Penderita TBC juga dilarang meludah sembarangan. Sebaiknya ia meludah di kali atau selokan yang mengalir airnya dan kamat mandi kemudian siram menggunakan air.

3. Tidak Memakai Barang Pribadi Secara Bersama-sama

Bagi anda yang tidak ingin tertular penyakit TBC, maka hindarilah menggunakan barang pribadi milik penderita TBC. Terlebih lagi yang memungkinkan kontak secara langsung dengan cairan si penderita. Seperti minum dengan gelas yang sama, memakai sendok sama ketika makan dan mengkonsumsi makanan yang sama sesudah di gigit.

Anda bisa memakai barang bekas penderita TBC sesudah mencucinya dengan bersih.

4. Jauhi Kontak Langsung Dengan Anak-anak

Penderita TBC sebaiknya tidak dekat-dekat dengan balita, bayi ataupun anak-anak. Hal ini dikarenakan sistem imun mereka masih lemah dan belum kuat.

5. Memisahkan Peralatan Makan

Penderita TBC sebaiknya memisahkan peralatan makan mereka dari milik orang sehat, mulai dari saat mencuci atau tempat meletakkannya. Agar tak terpakai oleh orang sehat.

6. Rutin Menjemur Perlengkapan Tidur

Bagi anda yang menderita TBC, andapun juga harus rajin menjemur perlengkapan tidur.Seperti selimut, kasur, bantal dan lain sebagainya. Biarkanlah sinar matahari masuk langsung ke dalam kamar. (*)